Pertanyaan yang sering ditanyakan pada kami (Frequently Asked Questions) oleh pembeli Surya Kencana Motor Semarang

Sumber: wwwonlineschoolscentercom/frequently-asked-questions/


Kami mengapresiasi langkah pengguna untuk bertanya terlebih dahulu kepada kami sebelum membeli. Dengan banyaknya pertanyaan yang sama, kami memutuskan untuk membuat artikel ini. Di bawah ini kami berikan pertanyaan-pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh pengguna (Frequently Asked Questions) di halaman Bukalapak, Google My Business atau Facebook Surya Kencana Motor Semarang (Surken) dan jawaban dari kami.
Konsumen: pembeli/pengguna
Surken: Surya Kencana Motor Semarang/kami

1.Konsumen: Gan bisa minta nomor WhatsApp (WA)?
Surken: Mohon gunakan fitur chat atau pesan dari Bukalapak atau Facebook saja. Karena fungsinya sama yaitu berkirim pesan dan gambar.  Kebijakan toko kami hanya memberikan nomor WA kepada orang serius membeli. Hal ini dikarenakan sangat banyak orang yang setelah diberi nomor WA hanya bertanya dan bertanya tanpa membeli dan/atau malah broadcast menawari kredit, kartu kredit, menjual elektronik dan lain sebagainya. Sehingga mohon maaf kami tidak bisa memberikan nomor WhatsApp (WA).

2.Konsumen: Kirim kapan gan?
Surken: Kebijakan toko kami, jika barang ada, akan kami kirim maksimal 1x24jam dari tanggal nota pembelian masuk di toko online kami. Jika tidak ada barang, kami akan mencarikan barang itu sampai dapat dengan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin yang diberikan oleh toko online itu. Jika masih tetap tidak ada, kami akan membatalkan pesanan itu dan proses setelahnya di luar tanggung jawab kami.
Notifikasi pembelian yang masuk ke kami sebelum pukul 12.00WIB, akan kami kirim hari itu juga. Selebihnya akan kami kirim H+1 dari notifikasi pembelian yang masuk pada kami. Dalam hal ini jika barang ada.
Terkecuali untuk barang PreOrder (PO) kami akan  mengirim dalam jangka waktu yang telah kami tetapkan tersebut.
Setelah barang dikirim (sampai di agen kurir) dan menuliskan resi, tugas kami selesai. Sehingga segala urusan yang berkaitan dengan kurir seperti keterlambatan, kerusakan, basah, dll, mohon langsung hubungi kurir yang anda pilih.

3.Konsumen: Kalo saya order sekarang, sampainya kapan gan?
Surken: Kami tidak bisa memastikan kapan barang sampai di tempat agan, karena hal itu bergantung pada kondisi masing-masing kurir. Dan masalah keterlambatan merupakan masalah pribadi antara kurir dan pembeli. Tugas kami selesai ketika menuliskan resi di toko online kami.
Kami hanya berpatokan pada estimasi waktu yang diberikan oleh kurir di bawah ini (untuk pulau Jawa):
1.JNE REG: barang sampai ke konsumen dalam 2-4 hari.
2.JNE YES: barang sampai ke konsumen dalam 1 hari.
3.JNE OKE: barang sampai ke konsumen dalam 5-7 hari.
4.JNE Trucking: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
5.GoSend Instant: barang sampai ke konsumen maksimal 3 jam.
6.GoSend SameDay: barang sampai ke konsumen maksimal 24 jam.
7.JNT REG: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
8.SiCepat REG: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
9.SiCepat BEST: barang sampai ke konsumen dalam 1 hari.
10.NINJA REG: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
11.NINJA FAST: barang sampai ke konsumen dalam 1 hari.
12.NINJA SUPER: barang sampai ke konsumen di bawah 10 jam.
13.RPX Economy package: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
14.RPX MidDay: barang sampai ke konsumen di bawah 12 jam.
15.LION PARCEL: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
16.INDAH LOGISTIC: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
17.HIRA: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
18.KOBRA EXPRESS: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
19.BARAKA SARANA TAMA: N/A
20.DAKOTA: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
21.Duta Sarana (DSS): barang sampai ke konsumen dalam 3-5 hari.
22.Sumber Alam: barang sampai ke konsumen dalam 1-2 hari.
23.PELANGI: barang sampai ke konsumen dalam 1-2 hari.
24.Wahana Tarif Normal: barang sampai ke konsumen dalam 2-5 hari.
25.TIKI REG: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
26.TIKI ONS: barang sampai ke konsumen dalam 1 hari.
27.POS Kilat Khusus: barang sampai ke konsumen dalam 2-3 hari.
Hal di atas bisa jadi tidak berlaku pada saat menjelang libur lebaran maupun Natal karena kurir selalu overload. Sehingga keterlambatan pasti terjadi sekalipun menggunakan yang 1 hari sampai. Mohon bertanya kepada pihak kurir yang anda pilih untuk lebih detailnya.

Berikut nomor telp kantor pusat Jakarta masing-masing kurir:
JNE: (021) 2927 8888
TIKI: (021) 1500 125
WAHANA: (021) 7341688
RPX: (021) 759 11800
SICEPAT: (021) 2933 7086
JNT: (021) 80661888
POS: 161

4.Konsumen: gan,lebih baik pakai asuransi tidak?
Surken: Kami menyarankan kepada setiap pembeli untuk menggunakan asuransi untuk harga barang di atas Rp. 300.000,00 dan/atau mengandung plastik, cairan, kaca, hal ini untuk meminimalisir kejadian buruk yang mungkin terjadi pada saat pengiriman.  Dan mohon gunakan kurir seperti JNE atau NINJA agar barang anda selamat sampai tujuan.
Khusus untuk Wahana dan J&T, kami menyarankan anda selalu menggunakan asuransi berapapun harga barangnya karena kurir ini kasar dan paling sulit diklaim soal kehilangan dan kerusakan barangnya.
Kalau ingin murah, saya sarankan anda menggunakan NINJA ketimbang Wahana dan J&T, karena kami TIDAK MENGGANTI dan/atau TIDAK MENUKAR dan/atau TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala kejadian buruk (kerusakan, keterlambatan, kehilangan, dll) yang terjadi pada barang anda pada saat sudah di kurir dan/atau sudah anda terima.
Kami sudah dikecewakan berulang kali oleh Wahana dan J&T karena banyak barang yang kami kirim dengan packing standar kami, rusak ketika sampai di tujuan. Padahal jika menggunakan kurir lain, barang tersebut aman dengan packing standar kami.

5.Konsumen: gan, pesanan saya kok dibatalkan?
Surken: Pesanan pembeli dibatalkan bisa karena berbagai alasan, seperti:
1.Stok habis pada barang itu.
2.Stok habis pada salah satu barang yang dipesan dan pembeli tidak mau melanjutkan proses pemesanan dengan alasan rugi di ongkos kirim atau alasan lain.
3.Ketidakbenaran penulisan Kecamatan dan/atau Kode Pos pada nota pembelian yang menyebabkan ongkos kirim di toko online dan di dunia nyata berbeda.
4.Ada keperluan lain dari kami.
5.Pengguna memaksa kami mengirim barang pada hari libur toko, hari libur nasional, cuti bersama, tanggal merah (Kami sudah tuliskan di syarat dan ketentuan lapak bahwa kami tidak akan mengirim pada hari atau tanggal di atas).
6.Pembeli meminta pembatalan.
7.Pembeli terlalu ribet dengan masalah ongkos kirim.
8. Pembeli tidak bertanya dahulu kepada kami tentang ketersediaan stok sebelum membeli.
9.Dan lain-lain
Alasan akan kami beritahukan kemudian setelah proses pembatalan.

6.Konsumen: gan, kirim ke kota saya berapa?
Surken: Mohon langsung dicoba di Bukalapaknya, karena kami tidak menentukan estimasi tarif ongkos kirim untuk barang anda. Ongkos kirim sudah ditentukan otomatis oleh Bukalapak.

7.Konsumen: gan barang saya kok belum sampai?
Surken: Jawaban kami sudah ada pada nomor 3.

8.Konsumen: gan ongkirnya kok mahal?
Surken: Ongkos kirim mahal bisa jadi karena barang yang akan anda beli masuknya volume (diukur berapa cm) bukan berat (kg) sehingga ongkos kirim akan jatuhnya lebih mahal. Kalau ingin murah silahkan pakai NINJA.
Berat barang sudah ditetapkan setiap barang. Jika anda beli lebih dari 3 barang, dengan senang hati kami akan menyesuaikan berat barang anda.

9.Konsumen: bisa Cash On Delivery (COD) gan?
Surken: Toko kami tidak melayani Cash On Delivery (COD). Jika anda di Semarang dan Sekitarnya bisa langsung ke toko fisik kami di Jl. Jendral Sudirman no 165 Semarang. Alamat kami terdaftar di Google Maps dan Waze. Atau bisa menyuruh Go-Jek via Go-Shop untuk membelikan barang di toko kami.

10.Konsumen: diskon berapa gan?
Surken: Mohon gunakan fitur NEGO BUKALAPAK dan voucher diskon ongkir dari JNE atau J&T.
Toko kami menyediakan diskon hanya pada masa tertentu.

11.Konsumen: Bisa gratis ongkir gan? Bisa dipindah ke Shopee aja ga biar gratis ongkir?
Surken: Untuk dipindah ke toko online lain, mohon maaf kami tidak bisa memenuhi permintaan anda. Toko online kami hanya ada di BUKALAPAK.
Jika anda ingin gratis ongkir, bisa gunakan voucher dari JNE atau J&T yang ada di BUKALAPAK.

12.Konsumen: harganya sudah termasuk paking kayu?
Surken: Mohon maaf konsumen kami tidak menyediakan paking kayu. Kami hanya menyediakan bubble wrap dan paking standar untuk barang anda. Jika anda memaksa paking kayu, anda harus menambahkan seharga 1kg ke ongkir anda.

13.Konsumen: kurirnya kok ganti gan?
Surken: Kurir kami ubah tergantung dari kondisi kurir itu seperti overload, biaya kirim tidak sama dengan yang di Bukalapak, kurir tutup, dll. Dan kami tidak akan meminta tambahan ongkos kirim jika kami yang mengganti kurir.

14.Konsumen: bisa reseller/dropship/grosir gan? Kirim pakai apa?
Surken: bisa konsumen. Jika via online, saya sarankan menggunakan fitur Agen Bukalapak sehingga bisa lebih transparan. Pengiriman bisa kami lakukan menggunakan JNE Trucking. Jika offline, bisa langsung datang ke toko fisik kami.

15.Konsumen: libur lebaran, libur natal tanggal berapa saja?
Surken: Libur natal, libur lebaran maupun libur nasional lainnya akan kami tuliskan pengumumannya di Facebook kami di www.facebook.com/surkensmg atau di halaman blog ini.
Mohon dicek secara periodik beberapa hari menjelang hari libur tersebut.

16.Konsumen: bisa pesan lewat GoSend/GoShop Gojek atau Grab gan?
Surken: Sangat bisa sekali. Tapi mohon konfirmasi ke kami terlebih dahulu lewat Bukalapak atau telepon. Agar barang kami siapkan terlebih dahulu. Sehingga tidak terlalu lama menunggu.

17.Konsumen: Barang apa bisa di kembalikan di toko online dan/atau fisik?
Surken: Semua barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar dan/atau dikembalikan. Mohon bawa barang lama atau gambar barang sebelum membeli di toko fisik dan kirimlah foto barang via pesan Bukalapak di toko online atau Facebook kami sebelum membeli.

18.Konsumen: Bagaimana cara menghubungi dengan kami?
Surken: Silahkan gunakan nomor telepon atau akun official Bukalapak atau Facebook kami:
1. Telepon: (024) 7604657
2. Bukalapak: www.bukalapak.com/u/surkensmg
3. Facebook: www.facebook.com/surkensmg

19. Konsumen: gan, alamat tokonya di mana?
Surken: Alamat kami hanya satu:
Surya Kencana Motor Semarang
Jl. Jendral Sudirman no 165
Kecamatan Semarang Barat
Semarang 50141
Bisa dilihat di Google Maps: https://goo.gl/maps/fwkZRLqLRe72
Atau Waze

20. Konsumen: gan, bayarnya langsung ke agan atau via Bukalapak?
Surken: Lebih baik beli dan memproses pembayaran via Bukalapak saja gan (pembelian online). Karena Bukalapak yang akan mengurus soal pembayaran, ongkos kirim, cek resi, dll. Kami hanya menerima order dan memproses order itu.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dan kami rangkum sampai saat ini. Semoga ini bisa menjawab pertanyaan anda. Dengan ini kami berharap anda bisa membaca terlebih dahulu pertanyaan di atas dan bertanya di luar yang ada di atas, karena kami bisa jadi tidak akan menjawab pertanyaan yang sama dengan pertanyaan di atas. Terima kasih. 
Salam, Surya Kencana Motor Semarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGGUNAKAN APLIKASI PETA WAZE KE SURYA KENCANA MOTOR SEMARANG

Bengkel Vespa lama klasik 2tak di Semarang dan sekitarnya

Menggunakan Google Maps ke Surya Kencana Motor Semarang